Diberdayakan oleh Blogger.

URIP SEJATINE GAWE URUP


Suatu ketika, saat saya berada di sebuah toko batik ternama di daerah Malioboro, tiba-tiba mata saya tertuju pada satu poster yang bertuliskan "Urip Sejatine Gawe Urup" yang dicetak dengan ukuran huruf yang besar, dan pada bagian bawah ungkapan tersebut terdapat juga arti dari pepatah jawa tersebut yang di cetak dengan huruf yang lebih kecil, "Hidup seharusnya memberi kehidupan yang baik bagi sekitarnya". Sebuah pepatah memiliki makna yang dalam yang menurut saya patut dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Setelah membaca pepatah itu muncul pertanyaan yang kemudian saya tujukan pada diri saya sendiri. Sudahkah hidup yang saya jalani bermanfaat bagi sekitar saya? Bermanfaat bagi keluarga, ataupun orang lain. Sudahkah saya bersyukur bahwasanya sampai hari ini saya masih memiliki kehidupan ini? Seketika itu juga terjawab bahwa hidup saya masih jauh dengan makna dan pelajaran yang ada dari pepatah jawa "Urip Sejatine Gawe Urup" tadi.

Pepatah tersebut mempunyai kaitan yang sangat erat dengan sebuah kutipan hadist "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain" (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah), yang mempunyai tujuan yang sama yakni mengingatkan kita bahwa kita hidup di dunia seharusnya berguna bagi orang lain. Kemudian apa yang harus kita lakukan agar kita tergolong kedalam orang-orang yang hidupnya bermanfaat bagi orang lain? Ada banyak hal tentunya, beberapa diantaranya adalah dengan cara berbagi kebahagian dengan harta yang kita miliki dengan bersedekah atau membelanjakannya untuk hal-hal positif yang memberi manfaat bagi orang lain, berbagi ilmu dan pengetahuan yang kita miliki dengan orang lain, bisa juga memberikan manfaat bagi orang lain melalui waktu dan tenaga kita, dan banyak contoh-contoh yang lainnya.

Mungkin kurang lebih seperti itu makna yang terkandung dalam pepatah tersebut menurut versi saya. Dan semoga hal ini dapat memotivasi kita untuk membingkai kehidupan kita dengan hal-hal positif yang bermanfaat agar kehidupan kita bermakna setidaknya bagi lingkungan dan orang-orang terdekat kita.

0 komentar:

Posting Komentar