Diberdayakan oleh Blogger.

JERSEY CLASSIFICATION


Jersey merupakan sebuah identitas klub karena logo klub dan warna kebesaran jelas terpampang dalam sebuah jersey. Buat para pecinta sepakbola, tentu sudah tidak asing sama yang namanya Jersey, bahkan sebagian orang menyukai jersey bukan hanya sebagai simbol kecintaannya pada klub tertentu, bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadi kolektor jersey dengan ratusan jersey dari klub kesayangan maupun klub-klub lain. Seiring bergulirnya waktu, jersey terus berkembang menjadi banyak klasifikasi, mulai dari Jersey Authentic sampai jersey kawe.

Sekilas hampir perbedaan satu jersey dengan jersey lainnya tidk lah jauh berbeda, namun jika diperhatikan dengan seksama jersey original tentu memiliki detail yang lebih rumit serta teknologi yang lebih canggih dan tentu saja menggunakan bahan pembuatannya yang juga berbeda. Karena tidak semua orang tahu perbedaan dan klasifikasi jersey, berikut ini rangkuman tentang perbedaan dan kelas kelas jersey yang saya rangkum dari beberapa sumber website yang membahas jersey sepakbola.

KLASIFIKASI JERSEY
JERSEY AUTHENTIC:
Original, Produk resmi yang diproduksi oleh apparel yang mensponsori klub tertentu. Yang dimaksud Authentic adalah Jersey dengan spesifikasi sama dengan yang dipakai pemain ketika bertanding.
JERSEY ORIGINAL:
Asli, Produk resmi yang diproduksi oleh apparel yang mensponsori klub yang bersangkutan yang biasanya diproduksi untuk digunakan oleh fans.
JERSEY REPLICA:
Kebanyakan jersey yang dijual di outlet resmi apparel adalah Original Replica, bukan spesifikasi Jersey yang dipakai oleh pemain. Di Indonesia, Jersey jenis ini biasa disebut dengan Jersey Ori.
JERSEY PLAYER ISSUE:
Jersey yang lebih spesifik dipersiapkan untuk digunakan oleh pemain tertentu (dengan nameset).
JERSEY PLAYER TO REPLICA:
Memiliki ciri-ciri gabungan antara Jersey Player Issue dan Jersey Replica. Namun beberapa orang/store menyebutnya sebagai Authentic Jersey
JERSEY MATCH WORN:
Jersey yang dipakai pemain di lapangan dalam suatu pertandingan. Sangat mempertimbangkan desain, teknologi, berat, dan kenyamanan jersey ketika digunakan bermain agar tidak mengganggu performa sang pemain dilapangan.
JERSEY kawe:
Tiruan, bukan merupakan produk yang dibuat oleh apparel yang bersangkutan. Terdiri dari beberapa jenis grade seperti Grade Ori, Grade AAA dibuat semirip mungkin dengan jersey aslinya namun tentu tidak akan menyamai kualitas produk original yang diproduksi oleh apparel resmi.
MDT:
Match Day Transfer, Detail khusus yang ditambahkan pada jersey ketika suatu klub bermain dalam suatu pertandingan kejuaraan tertentu, contohnya: Final Liga Champions, final Piala Dunia antar klub, Pertandingan Piala Dunia atau suatu pertandingan untuk memperingati hal tertentu yang spesial.

ISTILAH DI DUNIA JERSEY
SS JERSEY: Short Sleeves, jersey lengan pendek.
LS JERSEY: Long Sleeves, jersey lengan panjang.
NAME SET: Nomor & Nama Punggung
FONT: Jenis Huruf yang digunakan untuk Nama dan Nomor Punggung
EMBLEM: Logo klub
PATCH: Tempelan pada Lengan sebelah kanan dan kiri yang menunjukkan kompetisi tertentu yang diikuti. Contohnya kompetisi Liga Champions menggunakan patch Starball dilengan sebelah kanan dan Respect dilengan sebelah kiri, Patch BPL untuk kompetisi Liga Inggris, Patch Serie A untuk Liga Italia, Patch LA Liga untuk Liga Spanyol, Patch Bundesliga untuk Liga Jerman, dll
VELVET, FLOCK: Material semacam beludru yang dipakai pada sponsor, nama dan nomor punggung. Digunakan pada masa sekitar tahun 90 an.
POLY, POLYFLEX: Material yang digunakan untuk sponsor, nama dan nomor punggung yang terbuat dari semacam plastik dan karet.
SUPPORTING/ACCECORIES
REMAKE: Karena nameset Jersey retro sudah tidak diproduksi lagi, dan kalaupun ada yang Original harganya bisa sangat mahal, maka banyak kolektor jersey memesan nameset Remake.
HEAT PRESS: Sistem/cara untuk menempelkan Nameset/Patch ke sebuah Jersey dengan menggunakan mesin press khusus dengan setting panas tertentu.
PEEL OFF: Melepas nameset/patch/sponsor yg sudah menempel pada Jersey (dengan cairan kimia tertentu).
VINTAGE: Jersey model lama atau klasik, retro atau jadul. Harganya relatif, biasanya semakin tua umurnya semakin mahal harganya.
WASHING TAG/WASHING LABEL: Sebuah Tag/label dibagian dalam jersey yang berisi petunjuk cara mencuci jersey , Negara yang memproduksi jersey tersebut dan kode produksi jersey.
BLACK TAB: Detail berupa kain/label pada jersey, biasanya dijahit, yang berisi nomor seri jersey dan benang hologram. Black tab biasanya terletak di bagian dalam jersey, 02/03 – 07/08 atau dibagian luar jersey mulai musim 08/09.
SIZE LABEL: Tag ukuran jersey, dan keterangan made in mana, bisa sablon bisa juga dalam bentuk label.
KODE PRODUKSI: Beberapa digit angka/huruf tertentu pada yang dipasang dekat dengan washing tag, yang bisa menunjukkan keaslian jersey.
CONDITION GUIDE:
BNWT : Brand New With Tags, Jersey baru masih ada tag (label) nya
TAGS : Label kertas yang ada pada jersey baru, biasanya tempat utk menempel harga.
BNWOT: Brand New With Out Tags: Jersey baru tanpa tag
BNIP: Brand New In Packet, Jersey baru lengkap dalam packing aslinya/polybag
BNIB: Brand New In Box/Bag, Jersey baru yang edisinya pake box
MINT: Sudah nggak baru lagi, tapi kondisi jersey masih mulus banget masih kayak baru
EXCELLENT: Levelnya Sedikit dibawah mint
VERY GOOD : Kondisi jersey masih Bagus sekali
GOOD : Kondisi jersey masih bagus
FAIR : Kondisi jersey masih lumayan atau masih layak pakai
DEFECT : Cacat/kekurangan pada jersey
CRACK : Kondisi retak-retak yang ada pada sablon yg ada di jersey, biasanya terjadi pada bahan polyflex
PULLS : Kondisi dimana ada benang yang sedikit tertarik, baik dari luar ataupun  dari dalam jersey.
BOBBLES : Kondisi semacam bintik-bintik kecil yg mencuat pada permukaan kain, karena efek pemakaian & bahan dasar jersenya.
WASH OUT: Kainnya sedikit luntur

0 komentar:

Posting Komentar