Diberdayakan oleh Blogger.

BERNIATLAH YANG BAIK

Niat adalah landasan utama dalam melakukan suatu perbuatan, niat dapat juga diartikan sebagai sebuah keinginan yang berasal dari dalam hati yang kemudian akan diikuti oleh sebuah tindakan. Untuk itu dalam menjalankan sesuatu hendak lah diniatkan yang baik dan dimulai dengan berdo'a agar apa yang kita niatkan tersebut tercatat sebagai amal baik dan tentu saja agar apa yang akan kita kerjakan tersebut mendapatkan ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Umar bin Khattab r.a berkata, Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya tiap amal perbuatan tergantung pada niatnya dan sesungguhnya bagi tiap-tiap orang apa yang ia niatkan. Maka barang siapa yang hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kearah (keridhaan) Allah dan RasulNya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena dunia (harta dan kemegahan dunia) atau karena wanita, maka ia akan mendapatkan apa yang diinginkannya.”

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau meriwayatkan dari Tuhannya, Tabaaraka wa ta’aala. Firman-Nya: “Sesungguhnya Allah telah menetapkan nilai kebaikan dan kejahatan, kemudian Dia menjelaskannya. Maka siapa berniat mengerjakan kebaikan tetapi tidak dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kebaikan yang sempurna.

"Jika ia berniat untuk berbuat kebaikan lalu ia mengerjakannya, Allah mencatatnya sebagai 10 sampai 700 kali kebaikan atau lebih banyak lagi. Jika ia berniat melakukan kejahatan, tetapi ia tidak mengerjakannya, Allah mencatatkan padanya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat melakukan kejahatan lalu dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kejahatan”. [HR. Bukhari dan Muslim]

0 komentar:

Posting Komentar